date_default_timezone_set: Asia/Jakarta
date.timezone: UTC
Main logo






Donasi

donasi klik iklan/donate ads




Kontak admin » DISINI
Konsultasi Via Grup FB DISINI
Home » Linux » Kenali Varian Linux!!

Kenali Varian Linux!!

Kategori : Linux

LinuxMulai tertarik dengan Linux ? Sebelum itu pastikan sobat sudah benar-benar mengenal OS yang diciptakan oleh Linus Torvalds ini. Singkatnya Sistem Operasi Linux ini merupakan keluarga Unix-Like dengan menggunakan kernel bernama Linux itu sendiri dan berlisensi open-source. Banyak sejarah mengenai Linux diluar sana tapi disini admin akan berbagi tentang varian atau biasa disebut distro sistem operasi berlogo Pinguin ini.

1. Debian

Screenshot_6

Sekilas mirip logo Clan Uzumaki ? Tentunya bukan itu. Debian merupakan pendahulu atau induk dari distribusi Ubuntu yang pertama kali diperkenalkan oleh Ian Murdock pada tanggal 16 Agustus 1993. Nama Debian sendiri berasal dari kombinasi pasangan Ian dengan mantan kekasihnya yakni Debra Lynn; Deb dan Ian.

Debian ini merupakan distro linux yang sangat dikenal karena kesetabliannya dalam rilis sehingga banyak digunakan untuk keperluan seperti server dan dijadikan sebagai kiblat untuk para turunanya dan menurut pengalaman para penggunanya turunan inilah yang dianggap paling User-Friendly dalam pengoprasiannya.

Hingga saat ini versi terbarunya yang ke 8.0 ini dirilis pada tanggal  25 April 2015 lalu dengan codename Jessie. Fakta uniknya mengatakan bahwa tiap rilisnya Debian menggunakan nama sandi yang diambil dari nama-nama karakter pada Film Toy Story.

Ekstensi aplikasi dari OS Linux Debian ini diberi nama paket .DEB di mana jika pada Windows kita biasa menemukannya dalam bentuk .EXE

Debian 8 (32 Bit) | Size: 3,6 GB
download
MD5 Hash: waiting

Debian 8 (64 Bit) | Size: 3,7 GB
download
MD5 Hash: waiting

2. Slackware

slackware-121-1

Pada awalnya distribusi linux ini merupakan proyek tanpa keseriusan sehingga Patrick Volkerding yaitu pencetusnya membuat nama yang konyol dari kata “Slack” itu sendiri yang diartikan “Kendor” dan “Ware”-nya itu sendiri memiliki arti sebuah karya. Jadi bisa dipahami bukan mengapa dikatakan proyek yang tanpa ada komitmen ini.?

Rilis perdananya pada tanggal 16 Juli 1993 atau sekitar 21 tahun yang lalu ini menjadikan distro tertua setelah Softlanding Linux System yang menjadi inti dari sistem operasi linux itu sendiri. hingga kini mencapai rilis yang ke-14 pada 4 November 2013 dan tidak seperti distribusi Debian yang setiap rilisnya menggunakan nama sandi, Slacware hanya menggunakan penomoran saja.

Keunggulan dari distribusi ini adalah sangat ringan untuk dioprasikan karena kesederhanaanya. Dalam konteksnya “sederhana” diartikan sebagai segala pengoprasiannya lebih ditekankan pada CLI (Command Line Interface) melalui Terminal sehingga menyebabkan inilah sisi menakutkan pengguna untuk beralih ke Linux dan turunannya pun kurang mendapati perhatian lebih dari para pengguna. Namun eksistensi Slackware sebagai distribusi Linux tertua masih terpandang berkat turunanya SUSE/openSUSE yang berkolaborasi dengan Red Hat.

3. Red Hat

Screenshot_7

Seseorang menggunakan topi Fedora dengan menunduk terlihat seperti karakter mafia seperti pada film-film jaman dulu dan terlihat misterius. Ya, memang sengaja logo itu dibuat untuk membuat tampil menarik dengan penuh kemisteriusannya. Logo ini diambil oleh penemunya yaitu March Ewing yang semasa menjadi mahasiswanya menggunakan fedora berwarna merah.

Red Hat sendiri merupakan salah satu perusahaan terbesar yang didirikan pada Oktober 1993 dan dikenal atas dedikasinya menggalakan Free and Open-Source Software atau diartikan sebagai Perangkat Lunak Bebas Terbuka dan banyak lagi proyek-proyek besar yang dijalankan oleh perusahaan ini seperti proyek yang cukup fenomenal pada masanya yaitu One Laptop per Child.

Kesuksesan Red Hat berawal pada Maret 2002 dengan menciptakan Sistem Operasi Linux untuk perusahaan besar yang dinamain Red Hat Advanced Server, kemudian diganti namanya menjadi Red Hat Enterprise Linux (RHEL). Dengan meraih kepercayaan dikalangan bisnis, banyak para pengembang Linux lainnya mengadopsi RHEL sebagai induk untuk turunan Linux lainnya seperti yang resmi disponsori oleh Red Hat itu sendiri yaitu Fedora dan berbagai varian lainnya.

Inti yang paling mencolok dari ribuan Distro Linux sendiri yaitu dari Manajemen Paket Software-nya seperti .DEB yang berasal dari distro Debian, .RPM dari RedHat Package Management dan Tarballs yang dikenalkan oleh pendahulunya Slackware. Selengkapnya akan dijelaskan kembali pada postingan selanjutnya mengenai Distribusi mana sih yang cocok untuk sobat sekalian gunakan ? Tunggu kelanjutannya.

Perhatian!! Dengan mengklik tombol download berarti anda setuju dengan Syarat dan Ketentuan

Artikel Menarik Lainnya:

Linux Mint 17.2!! Linux Mint kembali merilis versi terbarunya yaitu Linux Mint 17.2 dengan codename Rafaela. Dengan dukungan sampai tahun 2019 memberikan kenyamanan dan...
Linux Zorin OS 11!! OS linux yang mirip windows 10 ini pun mendapat perhatian banyak pihak. Berbicara soal versi 11, salah satu distribusi linux pun ikut merilis versi 10...
Linux SteamOS 2.0!! Valve kembali mengumumkan rilis preview SteamOS berikutnya, dengan nama sandi "brewmaster" berdasarkan rilis terbaru Debian 8.1 Stable. Para developer...
Inkscape Alternatif CorelDraw!! Inkscape adalah salah satu aplikasi grafis yang open source, jika sobat pengguna windows mungkin anda sudah terbiasa dengan yang namanya Corel, dan ba...

= Informasi Tambahan =

Mau Dapat Dolar Gratis Pakai Android??

Baca » Disini