date_default_timezone_set: Asia/Jakarta
date.timezone: UTC
ad4msan.com








Kontak » Admin
Konsultasi Via Grup Facebook
Home » Info » Tipe Potongan Daging Sapi!!

Tipe Potongan Daging Sapi!!

Kategori : Info

Tipe Potongan Daging Sapi!!
5 (100%) 1 vote

Tipe potongan dagingKita mungkin sering makan olahan daging sapi seperti steak, semur, sate atau soto. Namun, saat ingin membuatnya di rumah, seringkali bingung sendiri karena tidak tahu harus membeli jenis potongan daging yang sesuai. Seleksi pertama yang harus dilakukan adalah melihat kualitas daging. Potongan daging harus segar, berwarna merah, tidak bau menyengat, dan potongan serat daging rapih.

Nah, biasanya setelah memilih kualitas daging, akan muncul pertanyaan berikutnya, yaitu potongan mana yang harus dibeli? Agar tidak salah pilih, ketahui karakteristik potongan daging di bawah ini.

Potongan daging

Chuck/Paha depan
Terletak pada bagian paha depan sapi. Ciri potongan daging ini berbentuk segi empat dengan ketebalan 2-3 cm. Bagian tulang pundak masih menempel ke bagian paha sampai bagian terluar dari punuk.
Penggunaan: baso, sop,kari, abon dan rendang.

Blade/ Punuk
Daging sapi bagian atas yang menyambung dari bagian daging paha depan sampai ke bagian punuk sapi. Pada bagian tengahnya terdapat serat-serat kasar yang mengarah ke bagian bawah, cocok digunakan untuk hidangan kukus.
Penggunaan: empal, semur, sop, abon dan rendang.

Cub roll/ Lemusir
Bagian daging sapi yang berasal dari bagian belakang sapi di sekitar has dalam, has luar dan tanjung. Lamosir termasuk daging yang lunak karena di dalamnya terdapat serat lemak.
Penggunaan: sate, rendang, empal dan sukiyaki.

Sirloin/ Has luar
Daging sapi yang berasal dari bagian bawah daging iga, terus sampai ke bagian sisi luar has dalam. Daging ini adalah daging pulang murah dari semua daging has karena otot sapi pada bagian ini masih lumayan keras.
Penggunaan: Steak, bistik, rollade

Tenderloin/ Has dalam
Potongan ini terletak pada bagian tengah badan sapi. Sesuai dengan karakteristik daging has, daging ini terdiri dari bagian otot utama di sekitar bagian tulang belakang. Daerah ini adalah bagian yang paling lunak karena otot-otot di bagian ini jarang dipakai untuk beraktivitas.
Penggunaan: steak, sate dan sukiyaki.

Topside/ Penutup
Bagian daging sapi ini terletak di bagian paha belakang sapi dan sudah mendekati area belakang sapi. Potongan daging sapi ini sangat tipis dan lembut. Di bagian ini sangat jarang lemak.
Penggunaan: abon, bistik, empal, bistik dan baso.

Rump/ Tanjung
Potongan ini diambil dari daging sapi bagian punggung belakang. Biasanya digunakan untuk bakar-bakaran.
Penggunaan: Bistik, rendang, dendeng, baso dan abon.

Silver side/ Gandik
Bagian paha belakang sapi terluar dan paling dasar. Banyak yang sering tertukar dengan menyamakannya dengan daging paha depan.
Penggunaan: balado, rendang, empal dan dendeng.

Shank/ Sengkel
Sengkel berasal dari bahasa Belanda, schenkel yang berati bagian depan atas kaki sapi.
Penggunaan: baso urat, semur, sop dan rawon.

Flank/ Samcan
Bagian ini berasal dari otot perut sapi. Bentuknya panjang dan datar, tapi kurang lunak. Untuk melunakkannya, biasanya potongan daging dipukul-pukul terlebih dahulu.
Penggunaan: kornet, sate, daging giling. sop dan rawon.

Brisket/Sandung lamur
Bagian ini berasal dari dada bawah sapi bagian ketiak. Biasanya bagian ini agak berlemak dan sering digunakan untuk makanan khas Padang seperti Asem Padeh.
Penggunaan: kornet, rollade, rawon,dan sop.

Cara download lihat di »» Tutorial Download ««
Perhatian!! Dengan mengklik tombol download berarti anda setuju dengan Syarat dan Ketentuan


Artikel Menarik Lainnya:

Google Bangun Jaringan Internet Melalui Balon Udar... Meningkatkan penetrasi Internet di kawasan negara berkembang seperti Afrika dan beberapa negara Asia, Google berniat untuk investasi besar-besaran. Ni...
Jembatan Tertua Di Dunia Ternyata Berada Di India!... Pesawat ulang-alik NASA telah berhasil menemukan sebuah jembatan purba yang menghubungkan India dan Sri Lanka. Jembatan itu diperkirakan telah berumur...
Envision Green Hotel, Hotel Ramah Lingkungan!! Akibat pemanasan global yang semakin parah maka para arsitek gedung menciptakan sesuatu yang ramah lingkungan dan salah satunya adalah Envision Green ...
5 Ucapan Yang Sering Dilontarkan Pembohong!! Kebohongan bisa dilakukan siapa saja dan kapan saja. Termasuk oleh sobat dan pasangan, atau teman dan rekan kerja, meskipun hubungan berjalan baik. Te...

= Informasi Tambahan =

Mengatasi Internet Positif Kumpul Bagi? Baca disini!

Baca » Disini

Mengatasi Limit Download Google Drive? Tipsnya ada disini!

Baca » Disini