Main logo






Donasi

klik iklan untuk perawatan server




Kontak admin » DISINI
Konsultasi Via Grup FB DISINI
Home » News » Perbedaan Megabits (Mb) dengan Megabytes (MB)!!

Perbedaan Megabits (Mb) dengan Megabytes (MB)!!

Kategori : News

Review of:
Product by:
Ad4m San™

Reviewed by:
Rating:
5
On May 28, 2009
Last modified:July 7, 2012

Summary:

Perbedaan Megabits (Mb) dengan Megabytes (MB)!!Kita udah sering denger dunk istilah megabits (Mb) dengan Megabytes (MB) tahu gak bedanya apaan? klo diliat sich cuman beda hurup doang yak! yang satu pake “b” dan yang satu lagi pake “B” hahaha (anak kecil juga bisa jawab klo cuman gitu doang hehehe) nah sebenarnya beda banget tuh, kita sering kali salah nyebutin dan persepsi tentang megabits (Mb) dan megabytes… (MB)

Kita sering membaca, melihat, atau mendengar kata Megabit(s) (Mb) atau MegaByte(s) (MB). Contohnya, “Hardisk ini kapasitasnya 80Gb”, “Memory komputerku 768MB”, “Network disini kecepatan akses internetnya 2Mbps”. Hal tersebut terjadi pada orang yang jualan chip memory! Dan hal ini diperparah dengan kenyataan dalam dunia digital (yang mengikuti aturan 2 pangkat n), bahwa 1 GBytes = 1024 MBytes, 1 MBytes = 1024 KBytes… tapi 1 Gb = 1000 Mb, 1 Mb = 1000 Kb.. lha gmn sih kok beda-beda gini???

Istilah Kilo, Mega, Giga, atau Tera sebenarnya adalah prefix standar SI untuk menyatakan “banyaknya nol” dalam sistem bilangan desimal atau puluhan, standar lengkapnya dari yocto (10E-24) sampe yotta (10E24) bisa dilihat disini. Sedangkan bit dan Byte itu sangat berbeda. Istilah ini muncul setelah dikenalnya dunia elektronika digital dimana data tidak direpresentasikan dalam besaran nilai tegangan, arus, amplitudo atau frekuensi, akan tetapi dalam satuan bit yang bernilai 0 atau 1. Umumnya hubungan antara Byte dan bit adalah bahwa 1 Byte itu sama dengan 8 bit, kenapa secara umum? Karena ada kasus dimana 1 Byte bisa berarti 10, 11 atau 12 bit.

Jadi seandainya kita punya kecepatan koneksi internet 255 kb/s (kilobits per second) maka kecepatan REAL yang kita dapat adalah sekitar 25-30 KB/s (kilobytes per second). nilai bytes jauh lebih besar daripada nilai bits (bisa sampai 8 kalinya) dan umumnya koneksi internet diindonesia belum ada yang sampai mempunyai kecepatan download Real 10 MB/s = 80 mb/s paling hanya 10 mb/s = 100-200 KB/s hehehe~~~

Contoh kasus kayak koneksi internet gw nih
Gw pake koneksi 256 kb/s dan kedeteksi sama speedtest.net sebesar 241 kb/s jadi masih mendekati lah hehehe~~~, lihat disitu ditulis dengan hurup kecil (kb/s)

Perbedaan Megabits (Mb) dengan Megabytes (MB)!!

Nah klo di test pake Kilobytes (KB/s)kecepatan real yang gw dapet adalah

Perbedaan Megabits (Mb) dengan Megabytes (MB)!!

keliatan khan bedanya kecepatan real gw buat download sekitar 29 KB/s dan kecepatan buat upload sekitar 6,5 KB/s, disitu ditulis pake hurup besar “B” nya (KB/s)

jadi jangan ampe salah mengartikan lagi yach (^_^)

Like n' Share


Switch to mobile version
; } ?

= Informasi Tambahan =

Mau Dapat Dolar Gratis Pakai Android??

Baca » Disini

Gunakan Proxy Indonesia Untuk Koneksi Di Luar Indonesia

Cari Proxy » Disini atau » Disini atau » Disini

Cara Memakai Proxy di IDM » Disini

Mengalami Error 503 Ketika Download?

Baca » Disini

Cek file download corrupt/tidak?

Baca » Disini

Mau Nonton TV Live Streaming??

Baca » Disini