date_default_timezone_set: Asia/Jakarta
date.timezone: UTC
Main logo






Donasi

donasi klik iklan/donate ads




Kontak admin » DISINI
Konsultasi Via Grup FB DISINI
Home » News » Mineral!!

Mineral!!

Kategori : News

mineralSekarang tinggal yang terakhir deh mineral hehehe~~~ mineral tiu apaan yach?? cari tau ajah nih (U.U) silahkan dibaca ampe ngerti hikxzzz….

A. Definisi

Mineral adalah senyawa alami yang terbentuk melalui proses geologis. Istilah mineral termasuk tidak hanya bahan komposisi kimia tetapi juga struktur mineral. Mineral termasuk dalam komposisi unsur murni dan garam sederhana sampai silikat yang sangat kompleks dengan ribuan bentuk yang diketahui (senyawaan organik biasanya tidak termasuk). Ilmu yang mempelajari mineral disebut mineralogi.


B. Macam-Macam Mineral

Mineral yang masuk tubuh lewat makanan sebagian diabsorpsi oleh dinding usus. dan digunakan untuk berbagai kebutuhan hidup. Mineral yang digunakan oleh tubuh ialah : Fe (ferum, zat besi), Ca (calsium, zat kapur), Na (natrium), K (kalium), Cl (chlor), Mg (magnesium), P (phosphor), fosfor), S (sulfur, belerang), Zn (zink, seng) I (iodium), F (flor), Co (cobalt), dan St (srontium) dan lainnya.

C. Manfaat Mineral

1. Calsium (Ca)

Sebagai salah satu golongan mineral yang berperan dalam prosesperkembangbiakan (proliferasi) sel pada lapisan mukosa kolon manusia, karena masuknyakalsium yang cukup tinggi dapat mengurangi resiko terkena kanker kolon. Studi selama 19tahun pada pria kulit putih di Chichago, dan juga studi epidemiologi di 4 daerah di Skandinaviamenunjukkan bahwa kekurangan vitamin D dan kalsium pada diet mereka berkaitan eratdengan terjadinya kanker kolon. Mereka yang mengkonsumsi susu 1½ gelas/hari mempunyairesiko terkena kanker tersebut 3x lipat dibanding mereka yang mengkonsumsi susu 4½gelas/hari. Mereka yang berasal dari keluarga dengan kanker kolon, diberikan suplementasikalsium 1250 mg/hari, setelah 2-3 bulan suplementasi, ketidaknormalan pembelahan selnyaberkurang hingga ke kondisi normal.

Masuk tubuh lewat makanan dan minuman, seperti susu, keju, sayur, telur, mentega, kacang-kacangan, wortel, dan jeruk. Banyak pula terkandung dalam air putih biasa. Sulit diabsorpsi dari usus, hanya lebih kurang separuh dari yang dimakan dimanfatkan, selebihnya dibuang lewat tinja. Absorpsi dalam usus kurang jika tubuh kurang vitamin D.

Dalam darah terdapat dalam plasma. Sebagian dalam bentuk ion, sebagian gabung dengan protein. Kadar Ca darah dikontrol tetap oleh hormon paratormon yang digetahkan kelenjar anak gondok. Ca kelebihan dalam jaringan dibuang selain lewat tinja, juga lewat kemih.

Ca berguna untuk membentuk tulang dan gigi. Peranannya yang sangat penting ialah untuk memelihara kelancaran perangsangan saraf dan kerutan otot. Jika defisiensi tulang dan gigi jadi rapuh atau lunak. Rambatan perangsangan juga terganggu, menyebabkan otot suka semut-semutan lalu kejang-kejang.

Pada wanita hamil dan menyusukan, jika pasokan dari makanan kurang, tulang jadi lunak dan tipis, karena unsur ini banyak diabsorpsi untuk kebutuhan janin atau bayi. Dalam air susu ibu banyak sekali terkandung unsur ini, yaitu 1 gram per 1.000 ml. Unsur ini juga berperan dalam proses pembekuan darah dan pembekuan susu. Maka jika defisiensi menyebabkan pembekuan jadi lambat. Pada bayi air susu sulit bergumpal, sehingga sulit pula dicernakan.

2. Magnesium (Mg)

Penelitian yang pernah dilakukan pada hewan percobaan menunjukkan,kekurangan magnesium (Mg) pada diet hewan percobaan dapat meningkatkan perkembanganterjadinya kanker tenggorokan dan kanker kulit luar.

Sebagian besar terkandung dalam tulang. Juga berperan untuk kelancaran pekerjaan berbagai enzim. Banyak terdapat dalam makanan berupa sayur dan buah. Jika sumber dari hewan, banyak terdapat dalam susu, ikan, dan daging.

3. Seng (Zn)

Para ahli meyakini bahwa seng memberikan perlindungan dalam melawan penyakitkanker prostat. Pasien dengan kanker esofagus (tenggorokan), bronkogenik, dan prostatmemiliki kadar seng yang sangat rendah. Kekurangan seng pada tikus berkaitan erat denganpeningkatan jumlah senyawa kimia pemicu kanker esofagus dan laporan lain menyebutkanpenambahan seng pada hamster dan tikus dalam dietnya menghambat senyawa kimia pemicukanker. Tubuh dengan sistem kekebalan yang sehat (antara lain ditandai dengan asupan sengyang cukup) tidak diragukan lagi mampu melindungi dari serangan kanker. Seng juga memilikisifat antagonis (menghambat) dengan cadmium, logam berat yang dapat menimbulkan kanker.

Untuk kelancaran produksi mani. Jika kadar unsur ini kurang dalam tubuh satu indikasi keinfertilan seorang pria. Zn banyak bertindak untuk menjembatani berbagai cabang dengan untaian asam-asam amino suatu molekul protein. Molekul imunoglobulin yang berbentuk seperti huruf Y itu, adalah contoh protein yang memiliki jembatan yang dibina atas unsur Zn

4. Selenium (Se)

Sebagai antioksidan yang Melawan radikal bebas penyebab kerusakan selpemicu terjadinya kanker, jaringan dan penyakit degeneratif. Pada tabung percobaanmenghambat pertumbuhan sel kanker dan efisiensi perbaikan DNA akibat kanker.

5. Molybdenum (Mb)

Penelitian menunjukkan bahwa suplementasi molybdenum pada tikusdapat melindungi tikus dari senyawa kimia penyebab kanker. Penelitian epidemiologis jugamenunjukkan bahwa penduduk Lian Xian, Honan, Cina Utara banyak yang menderita kankeresofagus (tertinggi didunia), karena tanah mereka miskin molybdenum. Dalam tanaman,Molybdenum dapat mencegah nitrat (yang merupakan nutrisi bagi tanaman) berubah menjadinitrosamin (substansi penyebab kanker).

6. Kalium (K)

Dokter Max Gerson, ahli terapi alternatif kanker mengemukakan bahwa diet rendahkalium tinggi natrium membuat sel sakit. Sel sakit tidak dapat menghasilkan sejumlah energipenting yang dibutuhkan tubuh dan mengakibatkan banyak kesakitan termasuk kanker.

Bekerja sama dengan Na mengatur keseimbangan kadar air sel, dan bersama Na berguna pula untuk mengatur kelancaran keluar-masuk zat makanan dari/ke dalam sel.

7. Silica (Si)

Peneliti bernama F. Goldstein menemukan rendahnya kasus kematian akibatkanker di sebuah kota kecil di Jerman (Daun County) terkait dengan adanya asupan silica yangdiperoleh dari sumber mata air di kota tersebut yang mengandung silica sebesar 80 mg/L.

8. Ferrum (Fe)

Banyak terdapat dalam hati, telur, ikan, lokan, kacang-kacangan, sayur, dan sereal. Dalam lambung bereaksi dengan asam lambung HCL membentuk FeCL2.

Sekitar 60 persen Fe yang diabsorpsi usus dipakai untuk membikin hemoglobin (Hb), 20 persen lainnya untuk membikin mioglobin otot, dan dalam enzim pernapasan, dan 20 persen lagi disalurkan kedalam hati, limpa, dan sumsum tulang.

Dalam sumsum disimpan sebagai ferretin dan hemosiderin. Fe yang keluar dari penghancuran eritrosit tidak dibuang, tetapi disimpan berupa ferritin dan hemosiderin juga, lalu dipakai lagi ntuk membikin Hb baru.

Sel mukosa usus mengandung apoferritin, lalu gabung dengan Fe yang kemudian diabsorpsi menjadi ferritin. Masuk darah Fe gabung dengan protein darah globulin membentuk transferrin. Yang di absorpsi dari usus sedikit saja, sebagian besar Fe dalam makanan keluar tubuh lagi. Jadi secara biasa sesungguhnya tubuh tidak kekurangan unsur ini.

Wanita yang sedang haid banyak Fe keluar tubuh, karena itu ia perlu cukup makanan yang mengandung unsur ini. Makanan sehari-hari yang bervariasi sudah cukup memelihara kesehatan tubuh. Jika defisiensi terjadi anemia atau kurang darah (maksudnya eritrosit). Suplemen unsur ini ialah berupa Fe-sulfat. Sehari-hari unsur ini jika kelebihan keluar lewat tinja, keringat, dan bulu atau rambut yang gugur.

9. Phosfat (P)

Memegang peran utama dalam membina struktur dan fisiologi tubuh makhluk. ATP, asam nukleat, membran, protein, dan berbagai enzim mengandung P dalam bentuk ikatan fosfat. Untuk melepaskan glukosa dari glikogen sebagai sumber energi dan untuk mengubah glukosa jadi glukogen yanag akan disimpan dalam hati dan otot, perlu gugus fosfat sebagai pelaksana reaksi. Unsur ini diabsorpsi tubuh dari usus berupa ion fosfat. Ion ini ada yang bergabung dengan bahan anorganik ada pula dengan organik. Bahan organik, misalnya, dalam kasein susu, fosfolipida, dan asam nukleat.

Sumber P yang penting ialah susu, keju, telur, daging, ikan, sereal, dan sayur. Dalam sereal unsur ini berada dalam asam fitat, tetapi dalam bentuk ini sulit diabsorpsi. Lagi pula asam ini dapat menghalangi diabsorpsi Fe dan Ca. Gandum mengandung enzim fitase, yang merombak asam fitat menjadi inositol dan asam fosfat. Dalam bentuk garam anorganik unsur ini mudah diabsorpsi dari usus. Dalam darah sangat penting, ikut membina eritrosit dan plasma darah. Kelebihan P sebagian besar dibuang lewat kemih, sebagian kecil lewat tinja.

P juga bertindak sebagai dapar dalam darah dan cairan tubuh. Kebutuhan sehari-hari meningkat pada wanita hamil dan menyusukan. Enzim fosfatase memecah fosfoglukosa jadi glukosa dan asam fosfat. Dalam tulang rawan penting untuk proses pembentukan tulang.

Unsur ini juga perlu memelihara kelancaran fungsi ginjal menyaring ampas metabolisme untuk jadi kemih. Enzim fosfatase juga penting digetah kelenjar prostat ke dalam air mani. Pada darah pasien kanker prostat kadar enzim ini tinggi, karena itu dapat dipakai sebagai diagnosa apakah prostat seorang pria sudah mengangker atau belum.

Tulang mengandung sekitar 60 persen garam anorganik P dan 40 persen garam organik, terutama dalam bentuk osein. Selain itu dalam tulang ada berbagai unsur mineral lain, yaitu Ca, Mg, Na, K, Str, dan Fe. Mineral dalam tulang berupa apatit, garam Ca-fosfat, dan kapur (CaCO3). Gigi juga banyak mengandung P. Lapisan email dan dentin mengandung Ca-fosfat berkadar tinggi, tetapi lebih rendah kadar CaCO3 dibanding tulang. Mineral tulang, termasuk garam fosfat, terus menerus mengalami perombakan-penumpukan, sesuai dengan kebutuhan dalam metabolisme tubuh.

10. Iodin (I)

Penting untuk membuat hormon tiroksin yang dihasilkan oleh kelenjar gondok. Sumber terutama ikan laut, kerang, dan agar. Anak, ibu hamil dan sedang menyusukan perlu lebih banyak unsur ini dari pada orang dewasa biasa. Rakyat kita kini diharuskan pemerintah dipasok oleh unsur lewat garam dapur. Jika defisiensi timbul penyakit gondok dan pertumbuhan anak terhambat atau terganggu.

11. Flour (F)

Terdapat dalam jaring lunak, tulang dan gigi. Unsur ini banyak terkandung dalam air minum. Jika minum air yang mengandung banyak F berlebihan maka gigi jadi rusak dan berwarna cokelat. Namun jika masuk tubuh secara biasa, artinya dalam kadar normal, unsur ini perlu untuk pertumbuhan dan pemeliharaan gigi.

12. Natrium (Na)

Biasa didapat tubuh dari makanan laut, dalam senyawa dengan Cl (khlor) berupa garam dapur (NaCl). Orang butuh pasokan garam dapur secara teratur tiap hari, dan ini sudah dirasakan oleh penduduk dunia sejak zaman purba.

Di Cina sejak tahun 2700 sM sudah terkenal ada usaha besar-besaran merebus air laut untuk jadi garam. Di masa Jepang ketika produksi garam negeri di Pulau Jawa berhenti, penduduk Sumatera ramai-ramai merebus air laut untuk mendapat garam. Ke dalam garam ini kini diwajibkan pemerintah diikutkan unsur I.

Ion Na membina bahan dasar antar sel berbagai jaringan, dan bersama ion K berperan mengatur kelancaran keluarnya air dan sari makanan dari dan ke dalam sel. Kelebihan atau sebagai sisa metabolisme unsur ini dibuang lewat kemih. Sebagian ikut pula dibuang lewat peluh dalam upaya tubuh mengatur agar suhu tubuh tetap, juga lewat tinja. Bervariasi kebutuhan orang terhadap NaCl. Penduduk Amerika Serikat memakan 3-6 gram per hari, sedang Jepang 10-15 gram per hari, sama dengan kebutuhan orang ketika berada di gurun yang panas terik, terutama ketika berada di padang arafah tanah suci. Tapi hati-hati jika kelebihan, bisa hipertensi, gangguan kardiovaskuler, ginjal, dan cirrosis hati.

13. Cobalt (Co)
Penting untuk membuat vitamin B12 (cobalamin). Cu perlu untuk pembikinan pigmen Hb. Meski unsur ini tidak ikut membina Hb tetapi untuk pembikinannya unsur ini mutlak harus ada. Darah hewan rendah berwarna biru, karena pigmen pernapasannya mengandung Cu, sebagai ganti Fe pada hewan tinggi yang membuat darah berwarna merah.

Perhatian!! Dengan mengklik tombol download berarti anda setuju dengan Syarat dan Ketentuan

Artikel Menarik Lainnya:

Daging Panggang Meningkatkan Risiko Diabetes!! Studi Mount Sinai University, New York, mengungkap bahwa konsumsi daging panggang meningkatkan risiko diabetes dan obesitas. Senyawa methylglyoxal (MG...
Racun Plastik Pemicu Anak Agresif!! Paparan bahan kimia yang banyak ditemukan dalam peralatan makan sehari-hari selama masa kehamilan dapat menyebabkan masalah perilaku dan emosional di ...
5 Ucapan Yang Sering Dilontarkan Pembohong!! Kebohongan bisa dilakukan siapa saja dan kapan saja. Termasuk oleh sobat dan pasangan, atau teman dan rekan kerja, meskipun hubungan berjalan baik. Te...
10 Undangan Pernikahan Paling Unik!! Nah!! my first post after long long break sob!! hehehe sekarang gw mau kasih sesuatu yang unik lagi hehehe ^_^ berhubung masih di bulan penuh cinta (h...

= Informasi Tambahan =

Mau Dapat Dolar Gratis Pakai Android??

Baca » Disini