date_default_timezone_set: Asia/Jakarta
date.timezone: UTC
Main logo






Donasi

donasi klik iklan/donate ads




Kontak admin » DISINI
Konsultasi Via Grup FB DISINI
Home » News » Makanan Penyebab Sembelit!!

Makanan Penyebab Sembelit!!

Kategori : News

SembelitRasanya sungguh tak nyaman saat mengalami sembelit atau susah buang air besar. Perut begah. Makan pun rasanya tak nikmat. Banyak faktor memicu. Mulai dari kurang minum, kurang olahraga, stres, penyakit, konsumsi obat tertentu, hingga makanan minim serat. Karenanya, kenali sejumlah makanan yang berpotensi memperburuk atau malah memicu sembelit, seperti dikutip Times of India.

Ilustrasi sembelit

1. Makanan Olahan
Yang masuk kategori ini adalah makanan yang memiliki kandungan bahan pengawet, seperti makanan beku, sosis, burger, pizza. Selain minim serat, makanan-makanan ini juga cenderung kehilangan nutrisi penting bagi sistem pencernaan selama proses pengolahan atau pengawetan.

2. Biskuit
Memang nikmat menyeruput teh atau kopi berteman biskuit. Selain minim serat, camilan ini juga mengandung gula dan lemak yang berpotensi memperburuk keluhan sembelit. Makan biskuit tetap boleh, asal mengimbanginya dengan asupan makanan berserat tinggi.

3. Daging Merah
Makanan tinggi lemak dengan kandungan serat rendah seperti daging, telur, dan keju dapat memperlambat proses pencernaan. Asal Anda tahun, mencerna daging secara sempurna butuh waktu sekitar 90 jam. Ini terutama jika konsumsi daging tanpa diimbangi asupan sayuran atau makanan lain kaya serat.

4. Kafein
Asupan makanan atau minuman mengandung kafein seperti kopi, coklat, dan teh hitam, membuat tubuh mudah mengalami dehidrasi. Kurangnya cairan dalam tubuh jelas berefek meningkatkan risiko sembelit. Jika terlanjur kecanduan kafein, kurangi takarannya perlahan sembari meningkatkan asupan makanan kaya serat.

5. Makanan berminyak

Sama seperti daging, makanan berminyak atau gorengan cenderung mengadung lemak jenuh yang dapat memperlambat proses pencernaan. Karenanya, jangan lupa memperbanyak minum dan mengimbangi dengan makan sayur setiap kali mengonsumsi gorengan.

Perhatian!! Dengan mengklik tombol download berarti anda setuju dengan Syarat dan Ketentuan

Artikel Menarik Lainnya:

Ular Berkaki Ditemukan Di Cina!! Ular berkaki? ya! percaya atau tidak ternyata ular berkaki itu ada sob! dan ditemukan di cina. Ditemukan tahun 2009 oleh seorang warga di cina. 14 Sep...
Mengatasi Migrain Dengan Ikat Kepala!! Satu dari empat wanita dan satu dari 12 pria mengalami migrain, karena berlebihan mengonsumsi alkohol, kafein, paparan cahaya, dan faktor makanan. Pen...
Nikel Pada Perhiasan Penyebab Alergi!! Perhiasan merupakan sesuatu yang indah dan berharga serta yang jadi favorit kaum hawa. Tapi apa jadinya bila kulit sangat sensitif dan alergi terhadap...
Tungau Obat Baru Penderita Asma!! Sebuah studi menemukan obat revolusioner dalam pengobatan asma. Tablet ini dibuat dari protein tungau debu yang umum ditemukan dalam rumah. Segera set...

= Informasi Tambahan =

Mau Dapat Dolar Gratis Pakai Android??

Baca » Disini