date_default_timezone_set: Asia/Jakarta
date.timezone: UTC
Main logo






Donasi

donasi klik iklan/donate ads




Kontak admin » DISINI
Konsultasi Via Grup FB DISINI
Home » Linux » Linux Manakah Yang Sesuai?

Linux Manakah Yang Sesuai?

Kategori : Linux

LinuxJika sobat berkunjung ke situs DistroWatch.Com  pastinya bakal pusing linux mana yang cocok untuk sobat.  Nah kali ini admin akan jelaskan beberapa distro linux sesuai dengan kebutuhan sobat yang pastinya akan membuat sobat semakin mengenal lebih jauh tentang linux :)

1. Desktop

Baru coba Linux atau hanya pengguna kantoran biasa ? jangan khawatir Sob. Linux menyediakan distribusi sesuai dengan keperluannya masing-masing. Untuk user sehari-hari seperti menjalankan aplikasi perkantroan atau ingin mulai terbiasa dengan linux, berikut yang sesuai untuk sobat:

  • Ubuntu, sering kali orang menyebut Linux ya Ubuntu karena ketenarannya dalam arti lain untuk para pemula cocok menggunakan distro ini karena pengguna yang banyak bisa membantu Sobat dalam mencari solusi.
  • Linux Mint, distribusi Linux yang selalu menduduki peringkat pertama terbanyak penggunanya. Mau tau kenapa ? Linux Mint ini adalah distribusi turunan langsung dari Ubuntu dengan menambahkan paket-paket software seperti kemudahan saat memutar file multimedia sehingga menjadi lebih praktis dan tak perlu lagi mendownload software tambahan. Mengapa ? Ubuntu tidak memasukan paket codec dalam sistemnya. Kelebihan Linux Mint lainnya yaitu dukungan terhadap VGA Nvidia yang menjanjikan.

2. Gamer

Siapa bilang Game-game di Linux gak asik ? Sobat pemain DoTA atau berlangganan game pada Steam Store ? Gak perlu takut bakal kehilangan gamenya Sob. Karena Steam sendiri telah mulai melirik Linux sebagai OS yang akan menjadi pasarnya.

  • SteamOS, merupakan turunan Debian yang dikhususkan untuk para pecinta game. Dengan kesetabilan dan kemudahan penggunaanya yang diambil dari sisi terbaik Debian maka salah satu produk Valve Corporation ini mulai membuat OSnya sendiri untuk menjalankan berbagai macam permainan yang ada di Steam Storenya. Jadi masih bilang Linux itu gak keren ?

3. Multimedia

Hobi dengan editing gambar, video atau audio sekalipun tidak menghalangi untuk Linux bukanlah sebuah sistem operasi pilihan Sobat. Banyak sekali paket-paket aplikasi yang menyajikan kemudahan atau aplikasi alternatif bagi pecinta editing.

  • Ubuntu Studio,  adalah alternatif bagi pengguna Linux untuk keperluan editing. Untuk kemudahan dan kesetabilannya lagi-lagi para developer melirik turunan Debian yaitu Ubuntu serta untuk versi rilisnya pun mengikuti update dari Ubuntu dengan nama sandi yang sama.

4. Security

Tidak diragukan lagi. Linux kebal terhadap serangan-serangan virus yang terjadi bila kita menggunakan Windows. Bisa Sobat lihat mana sih perusahaan virus yang mengeluarkan versi Linux-nya ? bahkan sistem operasi gagasan Linus Torvalds ini dimanfaatkan para produsen Antivirus untuk product berbentuk Live CDnya.

Karena ketangguhannya maka banyak bermunculan juga distro yang dikhususkan untuk menangkal atau keperluan pengujian keamanan sistem, pada jaringan dan lainnya.

  • Kali Linux, Project kedua dari pendahulunya bernamakan Back|Track dan ciri khas lambang Naganya semakin mantap “kegarangannya” dalam menaklukan berbagai sisi kemanan sebuah sistem atau jaringan. Tak sedikit pula banyak beranggapan bahwa Distribusi Linux ini merupakan Linux yang dipakai para Hacker!!

5. PC Jadul

Mungkin ini tidak berlaku untuk kalangan yang sudah memiliki spek komputer yang dikatakan “dewa”. Linux sangat memperhatikan para penggunanya yang masih menggunakan komputer lama sehingga berbagai lapisan spek komputer dapat menikmati dan menggunakan Sistem Operasi ini tanpa harus terkendala dengan minimumnya hardware yang dimiliki.

  • Lubuntu, kembali Ubuntu sebagai lirikan karena dukungan dalam waktu lama atau LTS (Long Term Support) menjadikan para developer tidak perlu mengerjakan lebih banyak untuk menciptakan varian linux lainnya. Kelebihan dari Lubuntu adalah mampu dijalankan pada spek komputer yang sangat minim tanpa mengurangi keindahan dalam penampilannya membuat para pengguna tidak harus meng-upgrade perangkatnya untuk menikmati tampilan yang modern

Masih banyak lagi varian linux lainnya yang cocok untuk Sobat! Jadi tidak ada alasan lagi untuk katakan “Tidak” pada Open Source :D

Perhatian!! Dengan mengklik tombol download berarti anda setuju dengan Syarat dan Ketentuan

Artikel Menarik Lainnya:

Fedora Workstation 22!! Fedora, setelah lumayan dalam membahas tentang linux pasti semakin penasaran kan? Namun yang dibahas hanya turunan debian saja. Kali ini kita akan ba...
Tema Windows 10 Pada Ubuntu!! Suka dengan tema Windows 10 tapi Sobat pengguna Linux ? Ingin install ulang tapi sayang untuk berpaling dari sistem operasi Ubuntu ? Tidak harus bermi...
Membuat USB Flashdrive Bootable Linux!! Cukup banyak pembahasan tentang linux namun sobat masih bingung untuk menginstal linux? jangan kuatir sob sekarang admin akan jelaskan dengan seksama ...
Ubuntu Indonesia OS!! Ubuntu, memang sudah banyak sekali variant linux salah satunya ubuntu, namun apa jadinya jika salah satu os linux ternama Ubuntu dijadikan rasa Indone...

= Informasi Tambahan =

Mau Dapat Dolar Gratis Pakai Android??

Baca » Disini