date_default_timezone_set: Asia/Jakarta
date.timezone: UTC
Main logo






Donasi

donasi klik iklan/donate ads




Kontak admin » DISINI
Konsultasi Via Grup FB DISINI
Home » News » Kenali Angka Kolesterol Untuk Kesehatan!!

Kenali Angka Kolesterol Untuk Kesehatan!!

Kategori : News

kolesterolApakah sobat pernah mengukur kadar kolesterol dalam darah? Meski tak memiliki keluhan, mengukur kadar kolesterol wajib dilakukan setidaknya sekali dalam lima tahun. Disarankan lebih sering untuk pria usia 35 tahun ke atas dan wanita usia 45 tahun ke atas.Dikutip WebMD, pengukuran kadar kolesterol dalam darah penting untuk membantu pencegahan penyakit kardiovaskuler seperti jantung dan stroke. Mengetahui kadar kolesterol dalam darah membuat sobat lebih waspada dengan pola makan buruk.

Sama seperti pemeriksaan kesehatan pada umumnya, hasil tes kolesterol akan muncul dalam bentuk angka-angka. Agar tak salah pengertian, berikut sedikit panduan untuk membaca angka-angka mengenai kadar kolesterol dalam darah.

Ilustrasi kolesterol

1. LOW DENSITY LIPOPROTEIN (LDL)
Penumpukan LDL di dinding arteri akan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Itulah mengapa jenis kolesterol ini populer dengan sebutan kolesterol jahat. Jika sobat memiliki gangguan kesehatan jantung atau pembuluh darah, sejumlah pakar merekomendasikan kadar kolesterol dalam darah tak lebih dari 70 mg/dl. Sementara mereka dengan diabetes atau penyakit lain yang berhubungan dengan peningkatan risiko penyakit jantung, disarankan memiliki kadar kolesterol tak lebih 100 mg/dl.

Sangat baik: <100 mg/dl Baik: 100-129 mg/dl Kurang baik: 130-159 mg/dl Tinggi: 160-189 mg/dl Sangat Tinggi: >190 mg/dl

2. LOW DENSITY LIPOPROTEIN (HDL)
Ini merupakan jenis kolesterol baik. Semakin tinggi angkanya, semakin rendah risiko penyakit jantung dan stroke. Jenis kolesterol ini justru berperan melawan kolesterol jahat untuk melindungi arteri.

Baik: >60 mg/dl
Buruk: <40 mg/dl (wanita) dan <50 mg/dl (pria) 3. TRIGLISERIDA
Merupakan senyawa kimia yang biasanya terkandung dalam hampir semua jenis lemak dalam makanan dan tubuh. Tingginya kadar trigliserida mensobati tingginya risiko terserang penyakit jantung koroner.

Normal: <150 mg/dl Cukup tinggi: 150-199 mg/dl Tinggi: 200-499 mg/dl Sangat tinggi: >500

4. TOTAL KOLESTEROL
Angka yang muncul biasanya merupakan hasil rata-rata antara LDL, HDL, dan komponen lemak lainnya, termasuk trigliserida. Pakar kesehatan selalu merekomendasikan batas aman kolesterol di bawah 200 mg/dl.

Normal: <200 mg/dl Tinggi: 200-239 mg/dl Sangat tinggi: >240 mg/dl

Perhatian!! Dengan mengklik tombol download berarti anda setuju dengan Syarat dan Ketentuan

Artikel Menarik Lainnya:

10 Undangan Pernikahan Paling Unik!! Nah!! my first post after long long break sob!! hehehe sekarang gw mau kasih sesuatu yang unik lagi hehehe ^_^ berhubung masih di bulan penuh cinta (h...
Jus Cranberry Penghilang Bau Mulut Dan Kolesterol!... Cranberry merupakan salah satu buah yang banyak dilirik, karena manfaat kesehatannya. Buah ini juga sering dikonsumsi sebagai camilan sehat malam hari...
Lubang Ozon Kutub Utara Sebesar Kutub Selatan!! Di kawasan samudra Arktika, kutub utara, kerusakan atmosfir sudah menjadi sedemikian parah. Baru-baru ini, dalam laporan yang dipublikasikan di jurnal...
Mummi Kucing Berusia 400 Tahun Ditemukan Di Dindin... Mei 2009, Richard Parson, seorang direktur perusahaan pemakaman sedang merenovasi sebuah rumah yang dimilikinya di wilayah Ugborough dekat Plymouth. K...

= Informasi Tambahan =

Mau Dapat Dolar Gratis Pakai Android??

Baca » Disini