date_default_timezone_set: Asia/Jakarta
date.timezone: UTC
Main logo






Donasi

donasi klik iklan/donate ads




Kontak admin » DISINI
Konsultasi Via Grup FB DISINI
Home » Fenomena » Hati-Hati Modifikasi Gen Akibat Makanan Sehat!!

Hati-Hati Modifikasi Gen Akibat Makanan Sehat!!

Kategori : Fenomena, News

Ilustrasi makananMakan buah dan sayuran segar diketahui sebagai kunci hidup sehat agar kita terhindar dari berbagai macam penyakit. Namun, sebuah penelitian menunjukkan kalau buah dan sayuran segar dapat melemahkan efek genetik. Hal ini diketahui sangat terkait dengan penyakit jantung. Makanan sehat ternyata dapat memodifikasi varian kode genetik pada kromosom. Hal ini menurut peneliti dari Universitas McGill di Kanada yang menganalisis DNA dari lebih dari 27 ribu orang Eropa, Asia Selatan, Cina, Amerika Latin, dan Arab. Mereka juga mempertanyakan kebiasaan makan para responden.

Studi ini melihat risiko penyakit jantung yang ditunjukkan oleh beberapa perubahan huruf tunggal dalam kode genetik 9p21 di kromosom. Kromosom adalah salah satu paket DNA di setiap sel dan mengandung gen.

Ilustrasi

“Variasi 9p21 meningkatkan risiko penyakit jantung pada manusia yang membawanya. Dan, kami terkejut menemukan bahwa makanan sehat dapat secara signifikan melemahkan dampak variasi tersebut,”

ujar Dr Jamie Engert, salah satu peneliti, dikutip dari Daily Mail.

Kurangi Risiko

Namun, temuan yang diterbitkan dalam Online Journal Public Library of Science Medicine ini, juga menunjukkan manfaat dari konsumsi buah dan sayuran segar bagi jantung. Orang dengan risiko mutasi gen tinggi yang melakukan pola makan sehat memiliki risiko jantung yang sama dengan mereka yang memiliki risiko mutasi gen rendah.

“Kami mengamati bahwa efek risiko tinggi mutasi gen dapat dikurangi dengan mengonsumsi lebih dari lima porsi buah atau sayuran,”

ujar asisten peneliti, Professor Sonia Anand.

Menurut para peneliti, kemungkinan besar terjadi interaksi antara perkembangan gen dengan asupan sehari-hari terkait penyakit kardiovaskular. “Hubungan antara keduanya sangat rumit, dan kami belum memiliki semua jawaban yang tampaknya sederhana. Namun, makan banyak sayuran dan buah tentu menjadi pilihan untuk tetap sehat,” ujar Judy O’Sullivan, perawat jantung senior dari British Heart Foundation.

Perhatian!! Dengan mengklik tombol download berarti anda setuju dengan Syarat dan Ketentuan

Artikel Menarik Lainnya:

Efek Candu Es Krim Ternyata Sama Seperti Narkoba!! Setelah makan siang, saat cuaca panas, memang paling pas menikmati segelas es krim. Tapi hati-hati, hidangan penutup yang nikmat seperti es krim, efek...
Mengatasi Migrain Dengan Ikat Kepala!! Satu dari empat wanita dan satu dari 12 pria mengalami migrain, karena berlebihan mengonsumsi alkohol, kafein, paparan cahaya, dan faktor makanan. Pen...
Minum Air Putih Mengurangi Risiko Kanker!! Kanker kandung kemih merupakan salah satu jenis penyakit mematikan yang lebih sering menimpa pria dibandingkan wanita. Biasanya, menyerang di rentang ...
Ternyata Galau Menurunkan Kemampuan Deteksi Lemak ... Bukan rahasia umum ketika merasa sedih banyak wanita yang cenderung mengkonsumsi makanan manis seperti cokelat dan es krim. Namun, pernahkah sobat ber...

= Informasi Tambahan =

Mau Dapat Dolar Gratis Pakai Android??

Baca » Disini