date_default_timezone_set: Asia/Jakarta
date.timezone: UTC
Main logo






Donasi



Kontak admin » DISINI
Konsultasi Via Grup FB DISINI
Home » News » Fosil Telur Dinosaurus Sauropoda Ditemukan Di Spanyol!!

Fosil Telur Dinosaurus Sauropoda Ditemukan Di Spanyol!!

Kategori : News

Telur dinosaurusPara peneliti dari Spanyol berhasil menemukan ratusan fosil telur dinosaurus di daerah perairan timur Spanyol. Kemungkinan telur-telur ini telah ditinggalkan oleh dinosaurus Sauropoda -jenis dinosaurus berleher dan berekor panjang serta berkepala kecil- pada jutaan tahun lalu. Temuan itu berupa telur, fragmen telur, dan puluhan jejak kaki dinosaurus. Semuanya berhasil ditemukan di lapisan bebatuan di situs geologi Coll de Nargo di Provinsi Lleida, Spanyol. Menurut peneliti, situs itu dulunya adalah sebuah daerah rawa, tepatnya pada periode Cretaceous yaitu sekitar 145 juta tahun lalu.

“Selain itu kami juga menemukan kulit telur dan sarangnya. Ini adalah temuan terbesar. Telur-telur itu dipastikan milik dinosaurus Sauropoda,” ujar Albert Garcca Selles, Pemimpin penelitian dari Miquel Crusafont Catalan Palaeontology Institute, dilansir NBC News, 27 Maret 2013.

Sauropoda Dino

Ia juga menyampaikan, berdasarkan hasil analisis, tim peneliti menemukan bukti bahwa ternyata telur itu juga berasal dari spesies lain. “Yaitu dari spesies Cairanoolithus roussetensis, Megaloolithus aureliensis, Megaloolithus siruguei and Megaloolithus baghensis,” jelas Selles.

Situs geologi Coll de Nargo memang dikenal sebagai salah satu daerah yang menjadi tempat bersarangnya dinosaurus. Banyak peneliti yang telah menemukan bukti-bukti keberadaan dinosaurus di situs Coll de Nargo.

“Sebelumnya kami belum pernah menemukan begitu banyak telur di satu area. Ini menunjukkan bukti baru bahwa beberapa spesies dinosaurus berbagi sarang untuk telur-telurnya,” kata Selles.

Penemuan telur-telur ini juga akan membantu para peneliti untuk melacak kapan terbentuknya situs Coll de Nargo. “Kami memprediksi situs Coll de Nargo terbentuk pada di antara 71 sampai 67 juta tahun lalu,” ujar Selles.

Hasil penelitian ini sudah diterbitkan di Jurnal Cretaceous Research

Perhatian!! Dengan mengklik tombol download berarti anda setuju dengan Syarat dan Ketentuan

Artikel Menarik Lainnya:

Penyakit Berbahaya Dari Hewan Peliharaan!! Bagi sobat penyuka binatang peliharaan seperti kelinci, kucing atau anjing sebaiknya hati-hati dengan wabah pes. Penyakit ini mungkin terasa uzur di j...
Cara Live Streaming Facebook!! Facebook atau FB menyediakan fitur live streaming agar dapat menyiarkan langsung semua hal secara realtime. Fitur live streaming FB/facebook dapat dig...
Mummi Kucing Berusia 400 Tahun Ditemukan Di Dindin... Mei 2009, Richard Parson, seorang direktur perusahaan pemakaman sedang merenovasi sebuah rumah yang dimilikinya di wilayah Ugborough dekat Plymouth. K...
Ratu Mesir Yang Jelita Menderita Kutil!! Selama ini sejarah mencatat bahwa , Ratu Tiye merupakan seorang ratu yang kecantikannya begitu melegenda. Ratu Tiye adalah istri dari Raja Firaun Amen...

= Informasi Tambahan =

Kesulitan download di server inter? Tipsnya ada disini!

Baca » Disini