date_default_timezone_set: Asia/Jakarta
date.timezone: UTC
Main logo






Donasi

donasi klik iklan/donate ads




Kontak admin » DISINI
Konsultasi Via Grup FB DISINI
Home » Fenomena » Burung Ternyata Dapat Terbang Menembus Badai Topan!!

Burung Ternyata Dapat Terbang Menembus Badai Topan!!

Kategori : Fenomena, News

Ilustrasi BurungBanyak burung melakukan migrasi dengan terbang sejauh ribuan kilometer per tahun. Mereka terbang di atas daratan, lautan, dan ternyata, mereka mampu terbang menembus badai. Bryan Watts, Director of the Center for Conservation and Biology, College of William and Mary, Virginia, Amerika Serikat memasang pemancar satelit pada burung Whimbrel untuk memantau pergerakan mereka selama 3 tahun terakhir.

“Burung-burung ini beranak pinak di kawasan dekat Kutub Utara. Padahal mereka mencari makan di kawasan utara Amerika Selatan, di sekitar Venezuela, dekat hutan Amazon,”

kata Watts, seperti dikutip dari NPR News, 14 Oktober 2011.

Artinya, kata Watts, mereka terbang jarak jauh dan melakukan penerbangan luar biasa.

“Burung yang kami lacak bahkan terbang 3.500 mil (sekitar 5.600 kilometer) nonstop dari Virginia ke Alaska,”

ucapnya.

“Ia bergerak dengan kecepatan 55 sampai 65 kilometer per jam selama 5 hari penuh,”

kata Watts.

Burung terbang
Watts menyebutkan, selama ini, para pengamat ingin mengetahui apa yang terjadi jika burung ternyata dihadang badai. Untuk itu, mereka memasang pelacak pada burung yang lebih besar, yakni burung Hope. Agustus lalu, burung yang dipasangi pelacak terbang dari Nova Scotia dan berjumpa dengan badai tropis Gert.

“Saat berpapasan dengan badai Gert, selama 27 jam, kecepatan terbang mereka turun ke 14 kilometer per jam karena menantang arah angin,”

kata Watts.

“Setelah berhasil menembus badai, kecepatan terbang menjadi 145 kilometer per jam karena mendapat dorongan dari angin badai,”

ucapnya.

Watts menyebutkan, peneliti belum menemukan apa yang membuat mereka mampu terbang secara luar biasa seperti itu. Yang pasti, saat tiba di tempat mereka mencari makan, bobot mereka hanya 350 sampai 400 gram. Namun selama 3 minggu berikutnya, bobot mereka naik 50 persen.

“Saat mereka pulang ke tempat asal, mereka bagaikan seperti bola lemak yang menyimpan energi dalam jumlah cukup untuk melakukan penerbangan jarak jauh,”

ucap Watts.

“Tampaknya faktor ini yang memungkinkan mereka mampu menghadapi angin kencang selama itu,”

ucapnya.

Watts menyebutkan, satu hal yang mereka pelajari setelah memasang pemancar satelit pada burung ini adalah, meski burung mengarungi jarak yang demikian jauh, namun mereka bergantung pada satu kawasan kecil di daerah spesifik.

“Jika kita merusak ekologi di kawasan tersebut, maka itu akan memberi dampak yang sangat besar bagi populasi burung yang memanfaatkan kawasan tersebut untuk berkembang biak,”

ucapnya.

Perhatian!! Dengan mengklik tombol download berarti anda setuju dengan Syarat dan Ketentuan

Artikel Menarik Lainnya:

Ternyata Kemampuan Otak Melemah Saat Sakit!! Jika sobat memiliki penyakit kronis, segera lakukan penanganan untuk menyingkirkannya. Penyakit seperti ini ternyata sangat mempengaruhi kerja otak me...
10 Dandanan Hewan Paling Aneh Di Dunia!! Mungkin selama ini hewan yang kita liat mempunyai penampilan atau dandanan yang biasa sob. Tapi ternyata ada dandanan paling aneh dan lucu hewan yang ...
Ilmuwan Taiwan Temukan Kunci Tembus Pandang!! Sekelompok ilmuwan Taiwan menemukan solusi bagi masalah kehilangan kunci,  yang selain menyebalkan juga berpotensi membahayakan keamanan rumah sobat. ...
10 Orang Hebat Yang Tidak Mempunyai Lengan!! Iseng-iseng searching google eh punya ide buat bikin artikel ini sob ^^ y udah jadi sekalian buat deh tentang 10 orang hebat yang tidak mempunyai leng...

= Informasi Tambahan =

Mau Dapat Dolar Gratis Pakai Android??

Baca » Disini