date_default_timezone_set: Asia/Jakarta
date.timezone: UTC
Main logo






Donasi

donasi klik iklan/donate ads




Kontak admin » DISINI
Konsultasi Via Grup FB DISINI
Home » Fenomena » Aurora Akibat Badai Matahari!!

Aurora Akibat Badai Matahari!!

Kategori : Fenomena, News

Aurora utaraDalam seminggu terakhir, warga Norwegia, Islandia, bahkan Inggris disunguhi pemandangan spektakuler, aurora borealis. Sinar cahaya ini merupakan dampak dari badai matahari terbesar dalam enam tahun terakhir. Biasanya, aurora ini terlihat hanya di sebagian utara Skotlandia. Tapi, karena ada aktivitas matahari membuat cahaya ini bisa dinikmati warga yang ada di bagian selatan, sampai bagian timur laut Inggris.

Badai geomagnetik ini memang memberikan pemandangan yang luar biasa. Tapi, di sisi lain, badai ini juga membawa masalah. Menurut National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), badai ini bisa menimbulkan berbagai gangguan saat lonjakan arus listrik, gangguan sinyal radio, televisi, dan telepon.

Aurora

Radiasi akibat badai matahari, Minggu lalu, tiba di bumi sejam kemudian. Pakar dari NOAA menyatakan badai itu sangat kuat, tapi badai-badai lainnya malah lebih parah.

Ada dua skala radiasi tertinggi menurut NOAA, yakni ‘parah’ dan ‘ekstrim.’ Badai matahari terbaru adalah yang terkuat sejak Mei 2005. Radiasi berbentuk proton ini terbang keluar matahari dengan kecepatan 93 juta mil per jam.

“Volume antariksa dari sini ke Jupiter hanya diisi dengan proton dan anda tidak bisa menyingkirkannya begitu saja,”

kata pakar cuaca antariksa Doug Biesecker, seperti dikutip dari Dailymail. Ini menjelaskan mengapa dampak badai matahari ini ‘bertahan’ selama beberapa hari.

NASA pun tengah meneliti dampak badai matahari ini. Menurut juru bicara NASA Rob Navias, NASA memutuskan enam astronot yang ada di Stasiun Antariksa Internasional tidak perlu melakukan apapun untuk melindungi diri dari badai matahari. Radiasi diawali elektromagnetik, diikuti kemudian radiasi proto, kemudian plasma matahari.

Perhatian!! Dengan mengklik tombol download berarti anda setuju dengan Syarat dan Ketentuan

Artikel Menarik Lainnya:

Penemuan T-Rex Laut Oleh Ilmuwan!! Baru-baru ini, ilmuwan menguak keberadaan "Tyrannosaurus Rex Laut", saat meneliti fosil dua buaya raksasa prasejarah. Dua buaya raksasa itu adalah Ple...
Waktu Paling Berbahaya Bagi Jantung!! Siapa sangka ternyata ada waktu-waktu tertentu yang sangat berisiko bagi jantung. Tepatnya, ketika tekanan darah meningkat drastis, sehingga seseorang...
Wajah Merah Merona, Simbol Kekasih Ideal!! Perasaan malu seringkali terlihat dari wajah yang merona kemerahan. Sebagian orang mengalami pipi merona lebih sering dibandingkan orang lain. Sebuah ...
Penemuan Ikan Hiu Albino Bermata Satu!! Di tengah maraknya trik photoshop dan penipuan online, orang selalu skeptis terhadap laporan tentang sesuatu yang aneh, termasuk keberadaan janin hiu ...

= Informasi Tambahan =

Mau Dapat Dolar Gratis Pakai Android??

Baca » Disini